UIN Mataram Perluas Wilayah Pengabdian Mahasiswa Sampai Mancanegara

Mahasiswa UIN Mataram
Foto : Istimewa, Sumber: Humas UIN Mataram

Mataram, Suara Selaparang - Tahun ini sejumlah mahasiswa dari UIN Mataram mendapat kesempatan melaksanakan pengabdian masyarakat di luar Indonesia. 

Demikian disampaikan Prof. Dr. Hj. Atun Wardatun, M. Ag,. MA., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Mataram dalam agenda Workshop Penguatan Kapasitas DPL UIN Mataram 2023. Rabu, 7 Juni 2023 di Auditorium UIN Mataram. 

Program Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) berskala nasional juga diikuti oleh mahasiswa UIN Mataram yang melaksanakan Kegiatan KKP tahun ini.

Semisal di Kota Malang yang menjadi KKP persemakmuran UIN Sunan Ampel, KKN Kolaborasi Mandiri di Pontianak, KKN Moderasi Beragama di Tana Toraja dengan tuan rumah IAIN Parepare, serta KKN Kolaborasi mandiri di Yogjakarta. Ada pula KKN Internasional di Malaysia Kolaborasi dengan Universitas Pendidikan Siltan idris (UPSI) . 

Tak hanya itu, tahun ini UIN Mataram juga berkesempatan menerima 14 perwakilan mahasiswa UIN Bandung yang akan melebur mengikuti KKP UIN Mataram di Lombok. 

Sedangkan pada lingkup lokal, terdapat 190 desa yang tersebar ke dalam 4 kabupaten di Pulau Lombok. satu lagi berlokasi di pulau Sumbawa sehingga jika di total menjadi 191 lokasi menjadi tempat pelaksanaan KKP UIN Mataram pada 2023 ini. 

Rektor Uinma Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M. Ag pada kesempatan tersebut mengapresiasi Civitas Akademika dan LP2M atas inisiasi mengambangkan sayap pelaksanaan KKP menuju jenjang International. 

Rektor juga menyebut peluang besar Saudi Arabia menjadi lokais KKP Internasional tahun mendatang. Seiring dengan kerjasama UIN Mataram dengan Duta Besar Indonesia di sana, karenanya ia berpesan agar kegiatan KKP ini juga sebagai sarana ibadah bagi semua yang mengikuti. 

"Setelah UIN menjalin MoU dengan Dubes RI untuk Arab Saudi, kemungkinan lokasi KKP Internasional akan dilaksanakan di timur Tengah,"jelasnya Kamis (08/06/2023). 

Turut Hadir pada Kegiatan refreshment yakni Dr. Muhrisun, S. Ag., BSW., M. Ag Ketua LP2M UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan materi laporan artikel KKP dan 

Dr. Syaiful Mustofa., M. Pd., MA., Ketua P2M UIN Malang yang menyampaikan " Kewirausahaan Mandiri Berbasis Masyarakat. "

Ditempat yang sama, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Dr. Mohammad Liwa Irrubai., M. Pd berharap kolaborasi antara pembimbing lapangan dan peserta lebih intens, untuk menghasilkan produk pengabdian yang berkesinambungan bagi masyarakat.

"Kami harapkan kolaborasi yang masif antara pembimbing lapangan dan peserta, agar produk pengabdian berimbas nyata terhadap masyarakat,"pungkasnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama